Molecular Gastronomy Berpadu Dengan Kopi





SPERICAL BICERIN -  a sphere filled coffee that can burst in your mouth
     photo credit: Lavazza


The scientific of deliciousness merupakan definisi baku molecular gastronomy, sebuah studi untuk mengekplorasi flavor, deliciousness  for tomorrow.  Apapun istilahnya, kreativitas itu selalu menarik dan menantang, ke luar dari zona kenyamanan dan mencoba hal baru yang tidak terpikirkan oleh banyak orang. Namun bagi orang-orang tertentu yang biasanya tidak gundah dengan kata gagal dan komentar miring yang mungkin diterimanya, buat mereka proses lebih penting daripada hasil.




TANDEM & LE VOGLIE - coffee espuma and cappucinno served in a double sided cup
   photo credit: Lavazza


Menelusuri salah satu tempat nongkrong yang cukup hype di kalangan anak muda, Avanti Can Cook sebuah Bistro yang menyediakan menu kopi yang tidak biasa, karena dipadu dengan tehnik molecular gastronomy.




COOKIE CUP -  an edible cup made from cookie to serve coffee
     photo credit: Lavazza


Salah satunya adalah Espresso Ravioli, dengan bahan sodium alginate yang membuat espresso berbentuk seperti jelly. Saat digigit, aroma kopi yang kuat langsung memenuhi rongga mulut menyatu dengan susu dingin dan memberikan sensasi yang lain dibandingkan dengan meminumnya secara langsung. Molecular gastronomy meneliti berbagai reaksi kimiawi pada makanan dan memberikan perspektif baru kepada konsumen walau harus diakui pasarnya masih kecil namun terus berkembang.




COFFEE COTTON CANDY - made from a freeze dried ground coffee beans             
photo credit: Lavazza

Beranjak dari Indonesia, di luar negeri pun juga terdapat seorang chef bernama Ferran Adria yang terkenal karena telah menjadi salah satu sosok yang mempopulerkan tehnik molecular gastronomy, setelah menciptakan lini untuk alat dan bahan molecular gastronomy nya sendiri yang bernama TEXTURAS, Ferran Adria tidak berhenti sampai disitu, melainkan terus melakukan ekspansi dan kolaborasi hingga menciptakan suatu lini baru yang mengkombinasikan tehnik molecular gastronomy dan secangkir kopi yang bernama LAVAZZA Coffee Design, berkolaborasi dengan Lavazza, mereka menciptakan berbagai kreasi unik yang dapat memukau anda sekalian.



CIOCCOLATINO AL CAFFE -  a cube of frozen coffee immersed in liquid nitrogen then dipped in hot chocolate
                                                                                 photo credit: Lavazza


Lewat Instagram account @moleculargastroid, Molecular Gastronomy Indonesia menawarkan beragam produk molecular gastronomy bagi para praktisi kuliner, sehingga baik koki amatir maupun  chef professional bisa menemukan alat dan bahan yang paling tepat. Bagaimana menarik bukan terobosan baru tehnik memasak dengan pendekatan fisika dan kimia? Let's create sophisticated and unique food!


Comments