Molecular Gastronomy, A Sophisticated Cooking Technique

http://www.foodrecipeshq.com/wp-content/uploads/2013/08/nitrogenicecream-0410.jpg
photo courtesy: food recipes hq


Pernah mendengar istilah molecular gastronomy? Yakni sebuah tehnik memasak dengan mengkombinasikan bahan dan peralatan kimia dimana teknik gastronomi molekuler akan menyingkap transformasi fisiokimiawi dari bahan pangan selama proses memasak termasuk fenomena sensori saat makanan hasil teknik gastronomi molekuler dikonsumsi.
Gastronomi molekuler mulai dikenal luas tahun 1992 ketika para ilmuwan berkolaborasi dengan koki ahli di seluruh dunia untuk mempelajari tehnik baru ini dengan mengawinkan gastronomi dan science. Lantas apa yang menarik dari tehnik ini? 

photo courtesy: id.openrice

Mulanya, gastronomi molekuler mencakup banyak cabang diantaranya cara membuat resep, tehnik menguji resep, menciptakan jenis makanan baru, dan memperkenalkan metode serta peralatan yang digunakan dalam gastronomi molekuler. Namun seiring berjalannya waktu, gastronomi molekuler mulai menampakan kejelasan ruang lingkupnya yaitu eksplorasi cara menciptakan makanan dan presisi dalam membuat makanan. 

Karena itu, seorang chef yang memiliki kemampuan memakai tehnik gastronomi molekuler wajib memiliki pengetahuan fisika dan kimia. Ciri khas teknik gastronomi molekuler adalah teknik slow and low dimana proses memasak makanan membutuhkan waktu yang agak lambat dengan temperatur yang lebih rendah dari teknik memasak biasa. Hasil makanan yang dibuat dengan metode gastronomi molekuler juga terlihat lebih menarik dengan tampilan dan sense of art yang luar biasa. 

Image result for chef demo molecular gastronomy
photo courtesy: luxury facts

Jika anda mencicipi makanan yang dibuat dengan teknik ini pastilah terkejut dengan harganya yang selangit. Sudah paham bukan kenapa harganya terbilang mahal? Namun tetap sepadan dengan kepuasan kamu mencoba makanan hasil teknik gastronomi molekuler. Makanan yang diciptakan dengan teknik gastronomi molekuler sebenarnya makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Bedanya terletak pada proses pembuatannya yang sedikit rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Ada banyak teknik gastronomi untuk menciptakan makanan salah satunya spherification, yaitu teknik menciptakan efek caviar dari berbagai macam rasa minuman. Bahkan jus pun bisa dibuat caviar dengan teknik ini lho. Bukan hanya itu saja, jika kamu mengetahui tekniknya kamu juga bisa membuat berbagai macam rasa caviar dari teh, kopi, cokelat, dan minuman lainnya. 
Image result for molecular gastronomy unique techniques
photo courtesy: molecular recipes

Tehnik lainnya dari gastronomi molekuler adalah food pairing yaitu, tehnik yang menggabungkan rasa gurih dan manis, anti-griddle yaitu tehnik mendinginkan makanan dengan nitrogen cair atau dengan maltodextrin untuk membuat cairan tinggi kandungan lemak menjadi bubuk dan masih banyak lagi teknik gastronomi molekuler lainnya.

Anda bisa mempelajari tehnik- tehnik tersebut di rumah dengan menggunakan molecular gastronomy kit yang bisa diperoleh dari Molecular Gastronomy Indonesia, beragam perlengkapan untuk menciptakan makanan dengan tehnik molecular gastronomy dapat ditemukan disini. 

Lewat Instagram account @moleculargastroid, Molecular Gastronomy Indonesia menawarkan beragam produk molecular gastronomy bagi para praktisi kuliner, sehingga baik koki amatir maupun  chef professional bisa menemukan alat dan bahan yang paling tepat. Bagaimana menarik bukan terobosan baru tehnik memasak dengan pendekatan fisika dan kimia? Let's create sophisticated and unique food!

Comments