Dengan Alat Canggih Ini Anda Bisa Bikin Caviar Sendiri

Image result for caviar
source: Wikipedia

Kaviar dari telur ikan sturgeon relatif mahal harganya. Juga tobiko, telur ikan terbang yang bisa dite
mui di resto Jepang. Kini ada alat yang bisa bikin telur-telur ikan! 




Image result for pearl r pro
source: Touch of Modern

Alat canggih ini bernama Pearl R Pro. Diciptakan oleh perusahaan asal Kanada, dengan brand Molecule-R. Pearl R Pro juga telah terkenal di dunia gastronomi molekuler. Beberapa jenis bahan makanan seperti buah, sayuran, rempah-rempah bisa disulap menjadi bentuk bola kaviar.


Cara penggunaan alat ini terbilang mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya mencampur makanan yang ingin Anda bentuk dengan sedikit natrium alginat dan kemudian meneteskan sedikit campuran air dan kalsium klorida kedalamnya. Ketika dua zat tersebut bertemu, reaksi kimia akan terjadi dan menciptakan selaput tipis yang melapisi cairan bola licin lembut tersebut. 


Image result for pearl r pro
source: Touch of Modern

Biasanya, kaviar dibentuk dengan alat seperti jarum suntik kecil namun Pearl R Pro menyederhanakan pembuatan caviar dengan mekanisme bertenaga adjustable atau yang dapat diatur dengan menciptakan bola-bola kecil seragam dan sempurna setiap saat. Sebagai contoh foto diatas merupakan caviar yang terbuat dari coklat, melalui alat Pearl R Pro ini.


Lewat Instagram account @moleculargastroid, Molecular Gastronomy Indonesia menawarkan beragam produk molecular gastronomy bagi para praktisi kuliner, termasuk alat pembuat kaviar atau Pearl R Pro ini, sehingga baik koki amatir maupun chef professional bisa menemukan dan menggunakan alat dan bahan yang terbaik. Bagaimana menarik bukan terobosan baru tehnik memasak dengan pendekatan fisika dan kimia? Let's create sophisticated and unique food! 

Comments