Kemasan Air Minum Yang Unik, Futuristik dan Bebas Mikroplastik

Image result for edible water bubbles
source: Humor Nation

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, hadir banyak sekali inovasi
yang bertujuan untuk memberikan kelangsungan kehidupan manusia yang lebih baik.

Kini telah hadir sebuah inovasi berupa sebuah 'botol air minum yang dapat dimakan' yang berbentuk seperti bola air ini diharapkan bisa menggantikan jutaan botol plastik yang dibuang setiap tahun, proyek yang dana nya dikumpulkan melalui kampanye crowdfunding ini telah berhasil menyita perhatian masyarakat sehingga dana terkumpul sudah mencapai lebih dari £ 500.000.


Image result for edible water bottle ooho
source: Daily Mirror

Bola air dengan merek dagang "Ooho!" ini adalah membran alami yang bersifat biodegradable yang dapat sepenuhnya ditelan dan dicerna oleh manusia, serta dapat menghidrasi dengan cara yang sama seperti air minum.




Produk ini terbuat dari ekstrak rumput laut dan tidak memiliki rasa, meski jika diinginkan, rasa tertentu bisa ditambahkan ke dalamnya.

Skipping Rocks Lab, perusahaan di balik merek dagang “Ooho!” ini, didirikan oleh tiga mahasiswa desain yang berbasis di London, dan bertujuan untuk membuat serangkaian proyek berkelanjutan dan Ooho! adalah yang pertama.

Mereka berencana untuk menguji coba penggunaan bola air ini di tahun ini dan mengenalkannya pada acara-acara besar seperti maraton dan festival musik.


Image result for ooho!
source: My Modern Met

Skipping Rocks Lab mengatakan bahan pembuatan bola air atau botol air yang dapat dimakan ini lebih murah daripada memproduksi botol air plastik. Untuk membuat bola air ini, tehnik yang dugunakan merupakan salah satu tehnik molecular gastronomy, yakni tehnik spherification, dimana sebuah balok es dicelupkan ke dalam larutan kalsium klorida dan alga coklat, larutan ini akan membentuk membran di sekitar balok es. Lapisan ini bisa dikupas agar bola air ini tetap bersih untuk dikonsumsi.

Sebuah kampanye di situs crowdfunding CrowdCube telah mengumpulkan £ 582.000, nilai investasi semakin meningkat sejak gambar bola air “Ooho! ini menjadi viral di media social dan internet. Lebih dari 500 orang telah berinvestasi dalam proyek ini.

edible-water-1.jpg
source: Independent
Di Inggris, ada jutaan botol plastik yang dibuang setiap tahun, dan menteri pada akhirnya mempertimbangkan untuk mengenakan biaya botol plastik untuk menekan angka botol plastik yang dibuang baik di darat maupun di laut, yang mengakibatkan penumpukkan limbah disekitar wilayah kehidupan dan juga di lautan.

Besarnya dampak yang dihasilkan jika masyarakat mulai untuk menggunakan 'botol air minum yang dapat dimakan' ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan, bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba membuat dan mempraktekkan nya sendiri di rumah?
Anda dapat mengunjungi akun Instagram @moleculargastroid untuk informasi lebih lanjut mengenai produk dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat 'botol air minum yang dapat dimakan' ini, dan mulai ikut berpartisipasi untuk mengurangi pemakaian botol plastik.

Comments