Yuk Intip Cara Membuat Makanan Dengan Tehnik Molecular Gastronomy di Rumah Anda







Related image
sumber: Jordancarterers.blogspot.com
Teknik molecular gastronomy dalam dunia kuliner sedang booming saat ini. 
Teknik ini mengawinkan ilmu pengetahuan fisika dan kimia dalam proses memasak. 
Hasilnya, spageti yang tampak tak berbumbu ternyata memiliki rasa "meledak" di mulut. 
Atau rawon dalam bentuk agar-agar namun dengan rasa daging dan bumbu yang terasa lekat di lidah.

Menurut Fitri Anita, dosen jurusan Gizi Majapahit Tourism Academy dan Kepala Research and Development di Tristar Institute, teknik ini menjadi populer karena hasilnya berupa produk siap konsumsi. 

Selain itu dapat disajikan langsung dan hasilnya menakjubkan.Anda ingin mencobanya di rumah? Ada beberapa teknik untuk pemula yang harus mulai dipelajari. 
Jangan dulu mengernyitkan dahi mendengar kata-kata sulit ini, karena penjelasannya mudah dipahami, kok.

Image result for spherification
sumber: Sous Chef
1. Spherification, yaitu membuat gelembung dari jus atau cairan. "Teknik ini dapat menghasilkan bulatan-bulatan berdinding tipis hanya dari larutan atau jus tertentu dan reaksi kimia," ujarnya. 


Image result for gelification
sumber: SONODIS

2. Gelification atau membuat gel dari makanan dengan beberapa cara pengentalan. "Sehingga, memadatkan makanan kini tak hanya menggunakan bubuk agar-agar."


Image result for THICKENING ICE CREAM
sumber: Serious Eats

3. Thickening alias mencipta kekentalan makanan atau minuman dengan memperhatikan reaksi dan berat jenis bahan.


Image result for emulsification foam
sumber: Molecular Recipes

4. Emulsification yang berguna untuk menyatukan dua jenis cairan. Misalnya, menyatukan minyak dengan air.


Image result for popping sugar gastronomy
sumber: Molecular Recipes

5. Eferfescen, yaitu teknik membuat makanan atau minuman menjadi serbuk yang akan menghasilkan gelembung gas atau berkesan meledak saat terkena air.

Tehnik molecular gastronomy tersebut dapat anda pelajari sendiri di rumah dengan bantuan molecular gastronomy kit yang tepat.

Lewat Instagram account @moleculargastroid, Molecular Gastronomy Indonesia menawarkan beragam produk molecular gastronomy bagi para praktisi kuliner, sehingga baik koki amatir maupun  chef professional bisa menemukan alat dan bahan yang paling tepat. Bagaimana menarik bukan terobosan baru tehnik memasak dengan pendekatan fisika dan kimia? Let's create sophisticated and unique food! Lewat Instagram account @moleculargastroid, Molecular Gastronomy Indonesia menawarkan beragam produk molecular gastronomy bagi para praktisi kuliner, sehingga baik koki amatir maupun  chef professional bisa menemukan alat dan bahan yang paling tepat. Bagaimana menarik bukan terobosan baru tehnik memasak dengan pendekatan fisika dan kimia? Let's create sophisticated and unique food!

Comments

  1. Thanks for sharing this blog. High Purity Aluminum & Compounds - Aluminum Oxide (Al2O3) Sales support, pricing and literature for Industrial uses.
    High Purity Aluminum chloride Hexahydrate

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts