5 Sajian Kuliner Molecular Gastronomy Ini Pasti Bikin Kamu Terpesona!

Related image
source: bonvivant-mag.com
 

Berinovasi dalam mengolah berbagai jenis bahan dan komponen makanan menjadi sajian kuliner yang lezat merupakan tantangan tersendiri bagi seorang chef. Saat ini, telah muncul teknik pengolahan bahan makanan yang menggabungkan komponen science (fisika-kimia) untuk membuat sajian makanan yang berbeda yang dinamakan dengan Molecular Gastronomy. 
Molecular gastronomy adalah teknik memasak modern, yang menyajikan makanan dengan penggabungan unsur fisika dan kimia. Teknik ini juga mempelajari perubahan molekul pada bahan makanan. Dengan teknik ini, seorang chef  dapat lebih mempelajari dunia kuliner lebih mendalam dan mengembangkan sinovasi sajian kuliner lainnya. Lalu, apa saja contoh sajian kuliner dengan teknik Molecular gastronomy? Simak beberapa contohnya berikut ini dan bersiaplah untuk terpesona!

Es teh lemon panas


kuliner molecular gastronomy
source: sandysan.com
Eits, ini bukan salah ucap atau salah tulis. Sajian ini memang ada dan patut untuk kamu coba. Di Indonesia sendiri, Chef Andrian Ishak menjadi pelopor chef yang mengembangkan teknik molecular gastronomy pada olahan kulinernya. Ia mengembangkan inovasi minuman berupa  “Es Teh Lemon Panas”. Dengan inovasi ini, kamu dapat merasakan sensasi panas dan dingin dari sajian teh lemon dalam satu seruputan. Chef Andrian sendiri sudah banyak menciptakan sajian kuliner dengan teknik ini. Kalau penasaran dengan sajian menu uniknya, kamu dapat mengunjungi Namaaz Dining, resto molecular gastronomy milik Chef Andrian. Siap-siap untuk tercengang ya bila pelayan menyajikan makanan yang penampilannya tidak terlihat seperti makanan. Pensaran?

Artificial Caviar


kuliner molecular gastronomy
source: molecular recipes
Caviar dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang didapat dari telur ikan sturgeon. Kamu dapat menciptakan caviar buatan dengan spherification yaitu teknik membuat gelembung atau bulatan dengan memanfaatkan reaksi kimia. Bahan utama dalam pembuatan fake caviar ini biasanya terdiri dari larutan jus buah. Nantinya caviar ini bisanya akan digunakan sebagai hiasan makanan. Kalau kamu ingin mencoba membuatnya, baiknya didampingi oleh ahlinya karena dalam prosesnya memanfaatkan reaksi kimia dari beberapa bahan kimia.

Es krim nitrogen


Sajian Kuliner Molecular Gastronomy
source: instagram.com/ronslaboratory
Jajanan ini sempat hits di tahun 2015. Es krim ini menggunakan bahan kimia liquid nitrogen (nitrogen cair) sebagai pendingin adonan es krim. Penggunaan teknik molecular gastronomy dalam pembuatan es krim lebih cepat dibandingkan dengan proses pembuatan es krim tradisional. Dari segi tekstur es krim yang dihasilkan pun lebih lembut. Ada banyak gerai es krim nitrogen yang bisa kamu coba. Salah satu gerai es krim nitrogen di Jakarta yang terkenal adalah Ron’s Laboratory. Pernah coba?

Curry wind foam


Sajian Kuliner Molecular Gastronomy
source: YouTube
Foam merupakan salah satu teknik molecular gastronomy yang mengubah bentuk suatu makanan ke dalam bentuk busa. Kamu dapat mengaplikasikan buah, sayuran, atau bahan makanan lainnya menjadi bentuk foam dan digunakan sebagai komponen pada makanan. Bentuk foam akan memberikan sensasi makan tersendiri dibandingkan dengan bentuk asli makanan tersebut. Seperti salah satu contoh di atas, kamu tak perlu mencicipi kuliner kari yang sebenarnya. Cukup mencicipi foam terebut, kamu sudah merasakan nimatnya sajian kari. Tertarik untuk mencoba?

Tongseng chocolate bar


Sajian Kuliner Molecular Gastronomy
source: YouTube
Tongseng merupakan salah satu kuliner tradisional dari daerah Jawa Tengah. Namun, apa jadinya jika tongseng berubah bentuk menjadi seperti potongan cokelat ditambah dengan sensasi coklat? Namaaz Dining, resto dengan kuliner molecular gastronomy arahan Chef Andrian Ishak menyajikan sensasi baru dalam menyantap hidangan tongseng. Tongseng kreasi resto ini dibuat dengan memmbuat cetakan berisi liquid dari tongseng dan daging. Selanjutnya dengan perlakukan fisika-kimia, tongseng berbentuk kotak lalu dilapisi dengan lelehan coklat. Penasaran mau tau gimana rasanya?
Nah itu dia tadi sajian kuliner yang menggunakan teknik molecular gastronomy. Gimana ? Tertarik untuk mencobanya?

Kini dengan hadirnya Molecular Gastronomy Indonesia (MGID), anda pun yang memiliki budget terbatas dapat mencicipi menu gastronomi molekuler ini, bahakan anda dapat membuatnya sendiri di rumah anda, banyaknya pilihan jenis mulai dari bahan, alat hingga buku resep gastronomi molekuler seperti dapat dilihat pada instagram.com/moleculargastroid bisa menjadi pilihan anda yang tertarik untuk memasak dan mencicipi masakan menggunakan teknik gastronomi molekuler.



Sumber: www.shopback.co.id

Comments

Popular Posts