Fakta Unik Dalam Molecular Gastronomy!

Pasti anda pernah mendengar istilah molecular gastronomy yang sekarang sedang hype dikalangan pecinta kuliner. Buat anda yang belum tahu, itu adalah teknik memasak modern yang menyajikan makanan dan minuman ke level yang berbeda dengan menggabungkan unsur fisika dan kimia. Kalau anda ingin menggunakan teknik tersebut untuk membawa kuliner ke level yang berbeda, ada baiknya anda memperhatikan beberapa fakta tentang molecular gastronomy di bawah ini.
source: qubicle.id
Sejarah
Teknik molecular gastronomy sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an yang dicetuskan oleh dua orang ilmuwan kimia dan fisika yang bernama Herve dan juga Nicholas Kurti. Berangkat dari kegagalan menciptakan kuliner yang inovatif, akhirnya mereka berhasil memakai teknik ini untuk menciptakan karya kuliner yang baru. Meskipun banyak kritik yang mereka terima ketika dipublikasikan, pada akhirnya masyarakat pun mulai menyambut ide ini. Sampai akhirnya sekarang banyak chef yang telah memakai teknik ini untuk membuat kuliner menjadi lebih kreatif dan juga inovatif.

source: qubicle.id
Anything is possible
Dalam molecular gastronomy, satu hal yang harus anda ingat adalah tidak ada hal yang tidak mungkin. Anda bisa menciptakan gaya presentasi tradisional sampai modern dengan menggunakan berbagai elemen keahlian memasak molekuler yang bukan hanya gimmick saja. Tapi juga menambah daya tarik visual dari hidangan tersebut sehingga memanjakan semua indera perasa anda.

source: qubicle.id
Timeless Culinary
Salah satu hal yang paling spesial ketika anda menggunakan teknik molecular gastronomy adalah anda bisa mengkombinasikan masakan jaman dulu dan sekarang. Ketika restoran sekarang berlomba-lomba meciptakan masakan modern, molecular gastronomy bisa menggabungkan dua konsep makanan menjadi satu kesatuan. Kolaborasi vintage dan modern akan memberikan rasa puas kepada semua indera anda. Terkadang ide yang menurut anda tidak mungkin, dalam teknik ini semua bisa jadi nyata.

Tak perlu takut untuk mencoba hal baru dalam dunia kuliner. Anda harus keluar dari batas kreativitas seperti Andrian Ishak, satu-satunya chef yang menggunakan teknik molecular gastronomy asal Indonesia yang telah membuktikan dirinya membuat kuliner Indonesia menjadi lebih kreatif. Salah satu dari karyanya adalah minuman Es Teh Lemon Panas yang akan membuat lo merasakan sensasi panas dan dingin dari sajian teh lemon dalam satu seruputan.


Kini dengan hadirnya Molecular Gastronomy Indonesia (MGID), anda pun yang memiliki budget terbatas dapat mencicipi menu gastronomi molekuler ini, bahakan anda dapat membuatnya sendiri di rumah anda, banyaknya pilihan jenis mulai dari bahan, alat hingga buku resep gastronomi molekuler seperti dapat dilihat pada instagram.com/moleculargastroid bisa menjadi pilihan anda yang tertarik untuk memasak dan mencicipi masakan menggunakan teknik gastronomi molekuler.

Comments